Beritatoba.com – Toba – Segudang bantuan telah diberikan PT Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) kepada masyarakat sekawasan Danau Toba, khususnya masyarakat Kabupaten Toba, sejak pabrik bubur kertas ini berdiri dan beroperasi di Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba, Provinsi Sumut.

Jandres Silalahi (dua kiri) serahkan bantuan benih padi sebanyak 2.100 Kg kepada Bupati Poltak Sitorus beberapa waktu lalu.( ft Ist)

Demikian diutarakan Parulian Marpaung warga Kecamatan Parmaksian kepada beritatoba.com, Rabu (30/11/2022), sebagaimana hasil pantauannya selama puluhan terakhir ini.

Tidak hanya bantuan bagi masyarakat petani dan perkebunan seperti bibit padi dan jagung berikut pupuknya, tetapi juga masyarakat bisa menikmati hasil peternakan yang diberikan oleh PT TPL diantaranya sapi, babi, ayam dan lain sebagainya.

Selain itu TPL hadir berkontribusi dalam mendampingi Kelompok Tani Hutan Marsada, Desa Simataniari, dalam pembuatan pupuk kompos. Sebagai bentuk komitmen dalam mendukung perekonomian masyarakat di bidang pertanian, TPL pun hadir berkontribusi dengan kembali menyerahkan dukungan kepada kelompok tani padi sawah sistem jajar legowo yang berada di Desa Lumban Huala, Desa Tangga Batu II, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba dan Desa Bandar Manik, Kecamatan Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun pada April 2022 lalu.

Strategi intensifikasi sektor pertanian terus digalakkan TPL yang menggandeng Kelompok Tani Hutan Berjuang melalui inovasi metode intercrop. Inovasi tersebut membuat petani menanam lebih dari satu tanaman pada waktu yang bersamaan atau selama periode tanam, di satu tempat yang sama, dan telah terbukti menaikkan produktivitas lahan.

Program yang diinisiasi oleh TPL kepada kelompok tani binaan bertujuan meningkatkan produktivitas lahan, sehingga petani bisa memperoleh tambahan penghasilan. Sebelum metode tersebut diterapkan, petani diberikan pelatihan dan pendampingan terlebih dulu.

PT Toba Pulp Lestari, Tbk pun hadir berkontribusi mendukung pertanian padi sawah dengan menyalurkan Benih Padi 2.100 Kg senilai Rp 25 Juta kepada kelompok tani melalui Pemerintah Kabupaten Toba di Pendopo Rumas Dinas Bupati Toba pada Maret 2022.

Dukungan secara simbolis diserahkan oleh Direktur PT TPL, Jandres Silalahi, didampingi Manager Community Development (CD), Ramida Siringoringo kepada Bupati Toba, Poltak Sitorus, untuk kemudian disalurkan kepada kelompok petani di empat kecamatan yaitu Kecamatan Parmaksian, Kecamatan Porsea, Kecamatan Siantar Narumonda dan Kecamatan Bonatua Lunasi.

Jandres mengatakan penyaluran dukungan Benih Padi Varietas Ciherang berumur 116 – 125 hst (Hari Setelah Tanam) ini dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi pertanian di wilayah seluas 84 Ha yang terbagi dalam 4 kecamatan yang terdampak banjir bandang pada 31 Desember 2021 lalu.

Dalam rangka mendukung perekonomian masyarakat di bidang pertanian, TPL juga menggelar Pelatihan Pembuatan Kompos Organik kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) Marsada Pargamanan Bintang Maria, di Desa Simataniari, Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbang Hasundutan pada April 2022.

PT Toba Pulp Lestari (TPL) Sektor Habinsaran juga hadir berkontribusi mendukung pertanian dengan menyalurkan bibit tanaman bernilai ekonomi jenis alpukat sebanyak 820 batang kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) Lam Miduk di Desa Tungkonisolu, Kecamatan Hahinsaran.

Memang segudang bantuan, pembinaan dan pelatihan yang dilakukan oleh PT TPL selama puluhan tahun ini kepada masyarakat, sehingga kehadiran PT TPL dibumi Tapanuli dapat membangkitkan semangat hidup masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Toba.

Jika ada ‘LSM Hitam’ yang selalu saja memprovokasi dan membuat kekacauan itu hanya sebuah gerombolan anak-anak ingusan yang merasa dirinya seperti orang dewasa, sementara sedikitpun tidak ada yang bisa diperbuatnya dalam upaya membangkitkan semangat hidup masyarakat, khsusunya yang berada diujung pedesaan. “Kesana aja lo… kami gak butuh lo (LSM Hitam, red)”, kata Marpaung.(R1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *