beritatoba.com – 40 tahun yang lalu, tepatnya hari ini 8 Desember 1980, musisi legendaris John Lennon tewas ditangan Mark David Chapman (25) yang menembakkan timah panas ke tubuh sang vokalisi band The Beatles.

Lennon Saat Berbahagia Bersama Kekasihnya, Yoko Ono.

Penembakan terjadi saat penyanyi bersuara merdu yang juga aktivis perdamaian itu memasuki gedung apartemen mewahnya di Manhattan, New York City.   Sangat memprihatinkan karena Chapman (25) adalah penggemar beratnya sendiri.. “Beri perdamaian sebuah kesempatan, jangan tembak orang atas nama perdamaian. Semua yang kita butuhkan adalah kasih sayang. Saya percaya itu,” kata Lennon tiga hari sebelum kematiannya.

Kepada Paul Goresh, yang merupakan teman dari Jhon Lennon, Chapman mengaku datang dari Hawaii dengan harapan bintang pujaannya akan menandatangani fisik album “Double Fantasy” yang ia bawa. Goresh bertanya padanya apakah ia ingin Lennon menandatanginya? Chapman pun mengangguk.

Namun mobil tumpangan telah tiba, Lennon pun pergi menuju Recors Plant dan melakukan rekaman untuk sebuah lagu. Hingga tengah malam hari, Lennon dan istrinya meninggalkan studio menuju apartemennya dan melihat Chapman masih ada di sana. Hanya dalam hitungan detik, Chapman mengeluarkan pistol dan menembakkan ke arah tubuh idolanya sebanyak 5 kali. Sebanyak 4 dari 5 peluru yang ditembakkan berhasil mengenai bagian punggung dan dada Lennon. Meski diterjang peluru, Lennon masih bisa berjalan hingga ambruk di ruang depan apartemennya. Lennon pun dilarikan ke rumah sakit beberapa menit setelah kejadian. Ketika itu, Ono didekati oleh kepala dokter UGD dan menyampaikan bahwa staf medis tidak dapat menyadarkan suaminya. Jhon Lennon, sang pujaan Ono dinyatakan meninggal. Ono pun menangis histeris dan tidak bisa mempercayai kabar yang ia terima.

Kabar duka itu disiarkan dengan memotong siaran pertandingan sepak bola yang tengah berlangsung. Setelah kabar itu disiarkan, ribuan penggemar Lennon berkumpul di dekat kawasan apartemen dan menyampaikan duka cita mendalam atas kepergian sang musisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *