Beritatoba.com – Tapsel – PT Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) kembali menunjukkan komitmennya terhadap pembangunan berkelanjutan di wilayah operasionalnya melalui kegiatan pelatihan Sekolah Alam bertema “Pagar Ni Huta Bertani, Beternak, Berwirausaha” yang digelar di Aula Kantor Camat Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumut, beberapa waktu lalu

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara TPL dengan Naposo Nauli Bulung (NNB) Tapanuli Selatan, yang dihadiri oleh muda-mudi dari Desa Marisi, Sanggapati, Pargarutan Dolok, dan Batang Tura. Adapun materi yang dibahas dalam pelatihan ini meliputi pengolahan kompos, budidaya kambing dan ketahanan pangan.

Pada kesempatan tersebut, dukungan berupa bibit diserahkan secara simbolis kepada peserta pelatihan, dengan harapan dapat menunjang kegiatan bertani dan beternak di desa masing-masing.

Aya selaku Koordinator Community Development (CD) TPL, didampingi oleh Jhonny Sitohang dan Charles Sitorus sebagai CD Officer, menyampaikan TPL berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan yang berdampak positif bagi masyarakat.

“Kami berharap pelatihan ini dapat menjadi langkah awal dalam mewujudkan desa yang mandiri secara ekonomi dan lingkungan. Semoga kolaborasi ini terus berlanjut dan membawa manfaat jangka panjang bagi seluruh komunitas,” ungkap Aya.

Dengan adanya pelatihan ini, TPL berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan keterampilan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya terkhusus di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Sementara, Camat Angkola Timur, Cos Riady Siregar, berharap agar pelatihan ini dapat menjadi awal yang baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui praktik bertani dan beternak yang lebih efektif. Ia menyampaikan kolaborasi seperti ini dapat terus berlanjut dan ditingkatkan, sehingga lebih banyak desa yang dapat merasakan manfaatnya.

“Kami sangat mengapresiasi inisiatif Toba Pulp Lestari (TPL) dan Naposo Nauli Bulung (NNB) Tapanuli Selatan dalam menyelenggarakan pelatihan Sekolah Alam ini. Kegiatan ini menjadi bukti nyata bahwa kolaborasi antara perusahaan dan masyarakat dapat menghasilkan manfaat yang besar, terutama dalam pemberdayaan generasi muda,” tutur Camat.

Riski Rambe selaku Ketua NNB Tapanuli Selatan juga menyampaikan apresiasinya kepada TPL dan seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan tersebut. “Pelatihan ini membuka wawasan kami tentang pentingnya pengolahan kompos dan budidaya kambing sebagai sumber ketahanan pangan dan ekonomi desa. Kami optimis, apa yang kami pelajari hari ini akan memberikan dampak positif di masa depan”, katanya.(TS1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *