Prof DR Kasmin Simanjuntak SH MBA

Catatan Antoni Marpaung

Beritatoba.com –Toba – Pasangan calaon Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Toba periode 2024-2029, Effendi SP Napitupulu – Audi Murphy Sitorus adalah pasangan yang terbaik yang layak untuk didukung dan dimenangkan seperti diutarakan Martin Manurung pada acara apel siaga Partai Nasdem yang digelar di gedung TB Silalahi Center, Sabtu (7/9/2024) lalu.

Tidak hanya itu, Paslon Effendi – Murphy (DI AU) bisa juga dikatakan sebagai Paslon yang “Bersemi Kembali”. Kepiawaian seorang Prof DR Kasmin Simanjuntak SH MBA (KS) dalam berpolitik sangat dikagumi dan dikenal konsisten serta loyal, apalagi ketika ia kembali memilih Audi Murphy Sitorus menjadi pendamping menantunya, Effendi Napituplu, menuju Toba Satu.

Kala itu, pada akhir November 2012, Bapak Bupati Kasmin Simanjuntak memanggil saya supaya datang ke gedung Charasby kediamannya di Kecamatan Silaen. Malam itu kami berdua saja membahas politik untuk pertandingan kedua pada Pilkada 2015.

Luar biasa, Pak KS memanggil saya hanya untuk pembahasan politik yang masih jauh atau 3 tahun mendatang waktu itu. Kalau Alm DL Sitorus, bisa saya katakan pembahasan politiknya dua tahun sebelum hari H.

Pak KS malam itu bertanya kepada saya, “siapakah lawan terberat kita saat Pilkada 2015 nanti, tulang (panggilan akrab Pak KS kepada saya)…?”. Saya jawab, “tiada lain, dan tiada bukan, hanya Bapak Sutan Raja DL Sitorus saja lawan terberat kita. Kalau ada yang lain yang muncul nantinya, bisa saya pastikan masih dibawah Amangboruku (Pak KS)”.

Bagaimana caranya…? Saya sarankan kepada Pak KS agar melobby Pak DL Sitorus supaya mendukungnya pada Pilkada 2015. Menurut saya, jika lobby-lobby Pak KS berhasil tembus, maka dipastikan bisa dua periode.

Untuk memuluskan lobby-lobby dan lebih meyakinkan Pak DL Sitorus, saya usulkan juga kepada Pak KS dimalam nan sejuk itu nama Audi Murphy Sitorus menjadi wakilnya untuk periode kedua.       

Pak KS tampak sedikit terkejut dan tersenyum gembira. “Bah…, cocok kali itu tulang. Akupun suka sama figur beliau”, katanya waktu itu.

Saya usulkan Audi Murphy Sitorus untuk menjadi calon Wakil Bupati berpasangan dengan KS karena saya sangat tahu persis kalau DL Sitorus sangat suka dengan seorang Murphy. Sala satu bukti nyata adalah ketika Audi Murphy Sitorus menjabat sebagai Camat Siantar Narumonda, dihadapan khalayak, Bapak DL Sitorus memberikan bantuan satu unit mobil Toyota Kijang Innova secara cuma-Cuma kepadanya. Saya ingat betul mobil itu berwarna biru.

Selain itu Audi Murphy juga sangat dikenal masyarakat sebagai figur yang santun dan hormat kepada siapapun, dan bahkan ia juga pandai sebagai pembicara (mandok hata, red) dalam acara adat Batak sehingga menambah kekaguman Pak DL Sitorus kepadanya saat itu. Saya juga kenal betul seorang DL Sitorus karena kami memang sering berdiskusi dikediamannya, semasa hidupnya, hingga dinihari atau Pukul 03.00 WIB, bahkan kadang sampai Pukul 04.00 WIB.

Berdasarkan pengalaman inilah dan pertemanan saya dengan Bapak Audi Murphy dan Bapak DL Sitorus, kemudian saya katakan kepada Pak KS agar mengajak Pak Audi Murphy berangkat menghadap dan sekaligus melobby Pak DL Sitorus ke Lapas Subang, Jawa Barat.

Sebagai tambahan untuk lebih meyakinkan Pak DL Sitorus, saya sarankan juga kepada Pak KS agar tegas berjanji kepada Pak DL Sitorus, setelah pulang dari Lapas Subang, akan segera mengangkat Audi Murphy Sitorus menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Toba, dan untuk tahap selanjutnya menjadi wakilnya. Kala itu Audi Murphy menjabat sebagai Sekretaris DPRD Kabupaten Toba.

Pak KS yang kala itu menjabat sebagai Bupati Toba sudah barang tentu tidak sulit mewujudkan janjinya kepada Pak DL Sitorus untuk mengangkat Audi Murphy menjadi Sekdakab Toba. Beberapa bulan kemudian, Audi Murphy pun dilantik mengggantikan Liberty Manurung yang memasuki masa pensiun.

Saya usulkan juga agar mengangkat beberapa marga Sitorus lainnya menjadi kepala bidang dan kepala dinas. Salah satunya yang saya usulkan adalah Augus Sitorus, sekarang menjabat sebagai Sekdakab Toba yang indisipliner, menjadi Kepala Dinas Pasar jaman Bupati KS.

Dimalam yang penuh kenangan tak terlupakan itu saya ketuk meja tiga kali sambil berkata tegas penuh harapan, “Jika Amangboruku berhasil melobby Bapak DL Sitorus, maka sudah pasti Amangboru dua periode menjabat sebagai Bupati Toba”.

Masa itu kita sebagai manusia hanya bisa berencana, tetapi Tuhan lah yang menentukan. Ternyata seorang Kasmin Simanjuntak juga tidak lepas dari kekhilafan. Dan saya menganggap rencana yang telah kami susun dengan matang itu adalah rencana yang tertunda.

Kini saya merasakan ada getar-getar kemenangan Kasmin Simanjuntak melalui menantunya Effendi Napitupulu yang bersahaja itu bersama pasangannya sang pemikir, Audi Murphy Sitorus. Dan saya melihat Paslon yang sangat pas ini adalah Paslon yang “Bersemi Kembali”. Semoga Tuhan Yang Maha Esa berkehendak kepada Paslon Effendi-Murphy (Di AU). Shalom… Horas…     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *