TPL menerima kunjungan industri dari Fakultas Bioteknologi Institut Teknologi (IT) DEL.(Ist)



Beritatoba.com – Toba – PT Toba Pulp Lestari (TPL) menerima kunjungan industri dari Fakultas Bioteknologi Institut Teknologi (IT) DEL, Jumat (6/9/2024) lalu.

Sebanyak 30 orang mahasiswa termasuk dosen disambut tim Corporate Commnucation Management Officer TPL yakni Ricky Hutapea dan Fransiska Purba. 

Kunjungan dimulai dengan sesi pengenalan profil perusahaan di Graha TPL. Kemudian, para peserta diajak untuk mengunjungi Mini Exhibition, Central Nursery, Sewage Treatment Plant (STP) dan Effluent Treatment Plant atau Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Di Mini Exhibition, para peserta mendapat penjelasan mendalam mengenai manajemen rantai pasok (Supply Chain Management) yang diterapkan oleh TPL

Selanjutnya, di Central Nursery, rombongan mengunjungi lokasi Mother Plant, Production Pouse dan Open Growing Area, dimana mereka belajar tentang proses pembibitan Eukaliptus.

Kunjungan dilanjutkan ke Sewage Treatment Plant (STP), tempat para peserta diberikan informasi mengenai manajemen limbah domestik yang dilakukan oleh TPL. 

Penjelasan yang sama mendalam juga diberikan di Effluent Treatment Plant, di mana rombongan dijelaskan tentang proses manajemen limbah operasional TPL. 

Dalam kesempatan ini, tim TPL  menjelaskan posisi geografis perusahaan yang lebih rendah dari Danau Toba, untuk menampik isu bahwa limbah TPL mencemari danau tersebut.

Ricky Hutapea, sebagai perwakilan TPL, mengungkapkan harapannya terkait kunjungan ini dapat menjadi bagian dari program Merdeka Belajar. 

Dan, transparansi informasi yang penting untuk meningkatkan pemahaman tentang operasional industri pulp.

“Kami berharap kunjungan ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada mahasiswa tentang proses industri pulp. Dan upaya kami dalam menjaga lingkungan. Kami juga terbuka terhadap masukan yang membangun untuk terus meningkatkan operasional kami,” ujarnya. 

Para dosen dan mahasiswa memberikan kesan positif terkait kunjungan ini. Mereka mengapresiasi keterbukaan dan kejelasan informasi yang diberikan oleh TPL. (Tob1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *