Beritatoba.com-tekno       

Peluncuran Rudal Hipersonik Tsirkon

Rusia telah berhasil menguji coba rudal baru hipersonik yang diberi nama Tsirkon yang mampu menghancurkan satelit Barat. AS memperingatkan bahwa rudal pertama yang diuji akan mampu menghancurkan satelit barat di orbit bumi yang rendah.

Admiral Gorshkov, kapal fregat armada utara Rusia, kembali berhasil menguji coba rudal hipersonik Tsirkon dari laut Putih. “Uji coba peluncuran rudal sebagai bagian dari uji coba senjata baru”, ujar Kementerian Pertahanan Rusia seperti dikutip TASS.

Rudal tersebut berhasil menghantam target pada jarak 450 km dari titik peluncuran, dan memiliki kecepatan lebih dari 8 kali kecepatan suara. Disebut Mach 8 Zircon atau Tsirkon benar-benar tak tertandingi di dunia.

Dari tes pertama, dari tayangan video yang baru dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia, rudal berpotensi merusak satelit. “Rudal ini dirancang untuk melindungi dari serangan udara dan luar angkasa”, menurut media pemerintah.

Sebelumnya, 6 Oktober lau, kapal fregat Admiral Gorshkov, melakukan uji coba untuk pertama kali rudal hipersonik Tsirkon. Rudal tersebut terbang dengan kecepatan diatas Mach 8, setara dengan 9.878,4 km perjam. Rudal itu terbang dan mendaki ke ketinggian maksimun 28 km.

Dengan kecepatan diatas 8 Mach, rudal hipersonik Tsirkon perlu empat setengah menit untuk menghantam target di Laut Barent pada jarak 450 km.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *