Perayaan Natal Marpaung Balige dimulai dengan penyalaan lilin oleh Ketua Panitia Budi Marpaung. Sebelumnya, penyalaan lilin oleh Pdt Rocky Owen Sinambela dan disusul oleh penasehat James Marpaung, mewakili anak, Ketua Rafael Marpaung, mewakili Boru Labinsar Sirait dan mewakili Bere Atur Siahaan. (Foto btc)

Beritatoba.com – Toba – Perayaan Natal Punguan Raja Marpaung, Anak, Boru, Bere dan Ibebere Kecamatan Balige sekitarnya, Kabupaten Toba, Sumut, berlangsung hikmat dan penuh sukacita bertempat di Gereja HKBP Tiberias tepi pantai pasir putih Danau Toba Desa Lumban Bulbul, Balige, Minggu (18/12/2022).

                Perayaan Natal yang dimulai dengan doa dan prosesi  itu kemudian dilanjutkan dengan penyalaan lilin yang dipimpin oleh Pdt Rocky Owen Sinambela dan disusul Ketua Panitia Natal Punguan Raja Marpaung Budi P Marpaung SPd MSi, Ketua Punguan raja Marpaung Balige Rafael (Ama Elfrida) Marpaung, mewakili anak Togar Marpaung (Ama Jeremi/UD Ranap), mewakili boru Labinsar Sirait, mewakili bere/ibebere Atur Siahaan dan singkola minggu. Setelah itu dilanjutkan dengan Liturgi Lambang ke Kristenan.

                Dalam laporan dan kata sambutannya, Ketua Panitia Natal Budi P Marpaung SPd MSi (Pak Ade) menyampaikan bahwa dirinya mengaku bangga karena tidak menyangka akan jumlah kehadiran peserta yang hadir dalam perayaan Natal itu. Disampaikannya pula apresiasi kepada pihak-pihak yang memberikan partisipasi dan perhatian sehingga Natal tersebut berlangsung sesuai pengharapan, diantaranya ucapan terima kasih kepada Togar Marpaung (UD Ranap) dan Marusaha Marpaung (Op Rogabe).

Ketua Panitia Natal Marpaung Balige, Budi P Marpaung SPd MSi, saat menyampaikan laporan dan kata sambutannya.(ft btc)

                Perayaan Natal Marpaung kali ini bertemakan “Mian Ma Hamu Dibagasan Holong Ni Roha” sebagaimana tertulis dalam Yohanes 15 : 96 dan sub tema “Marhite Natal ditingkion manjou hita asa lam tapareahi ma holong na marsihaholongan ai tu si do hita tarjou songon pamatang ni Kristus hita”.

                Sesuai tema dan sub tema Natal ini, Budi Marpaung mengajak keluarga Punguan Raja Marpaung, anak, boru, bere dan ibebere Kecamatan Balige sekitarnya tetap semangat, kompak dan bersatu dalam kasih. “Jika ada kekurangan kami selaku panitia, kami menyampaikan permohonan maaf”, kata Budi Marpaung dalam sambutannya.

Ketua Punguan Marpaung Balige, Rafael Marpaung, saat menyampaikan kata sambutan.(ft btc)

                Ketua Punguan Raja Marpaung Balige, Rafael Marpaung, dalam kata sambutannya juga mengajak kedepan untuk tetap saling menyayangi dalam kasih Kristus karena itu merupakan berkat dari Tuhan. “Sejak dahulu nenek moyang kita juga sudah mengajarkan kepada kita untuk saling membantu, saling mendoakan dan saling memaafkan”, kata Rafael Marpaung.

Penasehat Punguan Raja Marpaung Balige, James Marpaung, saat menyampaikan kata sambutannya.(ft btc)

                Penasehat Punguan Raja Marpaung Balige, James Marpaung, mengatakan setelah dua tahun selama covid tidak ada kegiatan ataupun hajatan untuk berkumpul. Dalam perayaan Natal yang tampaknya dadakan namun bisa terselenggara dengan baik dan penuh sukacita itu, James Marpaung mengutarakan apresiasinya kepada Ketua Panitia Natal yang begitu semangat dan dalam ketulusan hati bekerja untuk kebaikan dan kesempurnaan. “Saya salut buat ananda Budi Marpaung. Kiranya Tuhan memberi berkat buatmu”, kata Bang Jack panggilan akrab.

Mewakili Boru memberikan kata sambutan oleh Labinsar Sirait.(ft btc)

                Mewakli Boru, Labinsar Sirait, dalam kata sambutannya juga berharap kiranya Punguan Raja Marpaung Balige kedepan bisa lebih baik lagi dan selalu dalam lindungan dan kasih Tuhan Yesus Kristus. “Kami dari hela atau boru mengucapkan selamat Natal bagi kita semua”, ujarnya.

Mewakili Bere memberikan kata sambutan oleh Atur Siahaan.(ft btc)

                Mewakili Bere, Atur Siahaan, dalam sambutan singkatnya mengutarakan apresiasinya atas terselenggaranya perayaan Natal tersebut. “Kami selaku Bere mengucapkan selamat Natal kepada semua Tulang kami. Horas…”, katanya penuh semangat.

                Sementara itu Pdt Rocky Owen Sinambela dalam khotbahnya menyampaikan peristiwa kelahiran Tuhan Yesus Kristus mengajak umat manusia untuk saling mengasihi dan menjadi saluran berkat bagi keluarga, orang lain dan dunia yang terwujud nyata dan terlihat dari perilaku serta perbuatan.

Pdt Rocky Owen Sinambela saat menyampaikan khotbahnya.(ft btc)

                “Bagi kita yang merasakan dan menerima kehadiran Yesus Kristus harus mempu menunjukkan sikap saling mengasihi, melakukan perubahan-perubahan dan melakukan perbaikan-perbaikan. Mian ma hamu dibagasan holong ni roha sesuai tema Natal ini”, kata Pdt Rocky Owen Sinambela dalam khotbah singkatnya namun padat dan mengena hati nurani.

St Daud Siahaan saat melakukan tangiang pangondianon.(ft btc)

Sebelumnya St Daud Siahaan diberikan kesempatan untuk melakukan tangiang pangondianon (doa syafaat, red). Tampak juga Indah br Marpaung menghibur dengan nyanyian dan puisi Natal.

Indah br Marpaung saat menghibur dengan menyanyikan lagu dan puisi Natal.(ft btc)

Hadir juga dalam acara perayaan Natal itu yakni Sekretaris Distrik XI Toba Hasundutan HKBP, Pdt Dr Halomoan Marpaung STh Mth, yang diberi kesempatan untuk melakukan doa untuk makan bersama. Hadir juga Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi media online beritatoba.com Antoni Marpaung dan Pemimpin Tata Usaha Rosdame Panjaitan SE.(R1)  

   

Pdt Dr Halomoan Marpaung saat memimpin doa untuk makan berasama usai Perayaan Natal.(ft btc)

Foto-foto saat perayaan Natal Marpaung Balige :

Liturgi Lambang ke Kristenan

Tampak bapak-bapak yang ganteng-ganteng saat berliturgi.(ft btc)

Pembawa Acara Perayaan Natal Marpaung Balige.

Legia Friska Manik SPd MPd.

Liturgi I, Anak Singkola MInggu.

Anak-anak sekolah Minggu yang syantik-syantik dan ganteng.(ft btc)

Liturgi II, Panompaon.

Ini lagi, syantik-syantik dan guanteng-guanteng.(ft btc)

Litrugi III.

Dua anak sekolah tingkat SD dan SMP yang ganteng ini juga ikut berliturgi.(ft btc)

Liturgi IV.

Benaya Marpaung (3 kiri) saat sedang membacakan liturginya yang juga bersama Lae Hilman Siahaan (Ama Yohanna (paling kanan) dan para wanita anggun.(ft btc)

Liturgi V.

Tambah ini lagi, gak kalah keren dan wanita cantik dan satu anak ganteng ikut berliturgi.(ft btc)

Litrugi VI.

Inipun juga, tak kalah cantik, ganteng dan keren.(ft btc)

Koor Gabungan.

Walaupun sudah tua tapi tetap semangat. Mainkan suara lima tu Bang Jack… hehehe…(ft btc)

Gas full Bang Winda, Bang Jeremy, Pak Haji, Bang Yuni…

… jangan kasih kendor.(ft btc)

Hajar Ibu Pemimpin Usaha beritatoba.com, Rosdame Panjaitan SE (tiga kanan). Bang Patar beserta nyonya, hajar bro ciyus banget. Hehe…(ft btc)

Biar tua tapi paten dan hikmat. Gas full inaaannnggg…(ft btc)

Usai Rayakan Natal, foto bareng dulu dooonnnggg. Inilah 6 emak-emak tersyantik dan terkeyen serta tergembira sedunia. Ha… Ha… Paten kali bah.(ft btc)

Inilah dia… dialah ini…

Dua sang maestro, St Rata Marpaung (kiri) dan Bang Ade FKPPI yang juga Ketua Natal Punguan Marpaung Balige 2022, yang paling repot dan suka repot kalau berurusan dengan perayaan Natal. Salut… Tuhan Memberkati.(ft btc)

Pemimpin Redaksi beritatoba.com, Antoni Hatorangan Marpaung.

Akhirnya saya mengucapkan Selamat Hari Natal (25-26 Desember 2022) dan Selamat Tahun Baru (1 Januari 2023). Thanks berat buat panitia Natal Punguan Raja Marpaung Balige sekitarnya. Dengan segala hormat kami ucapkan pula terima kasih kepada saudara-saudaraku yang tergabung dalam Punguan Raja Marpaung, Anak, Boru, Bere dan Ibebere Kecamatan Balige sekitarnya. Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada kesalahan kami didalam menyajikan berita ini. Horas… Horas… Horas… Shalom… God Bless Us. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *