Tan Kang Hoo

Beritatoba.com – Sukanto Tanoto alias Tan Kang Hoo yang dikenal sebagai konglo Indonesia dan pemilik pabrik bubur kertas PT Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) di Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba, tampaknya bakal dilaporkan ke polisi terkait Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (LB3).

Tan Kang Hoo, warga keturunan ini diduga kuat telah melakukan selama bertahun-tahun dan secara diam-siam membuang LB3 ke sungai Asahan.

Pembuangan LB3 ke sungai Asahan itu terduga terjadi melalui saluran dan pipa pembuangan tersembunyi bertempat persis di belakang pabrik PT TPL di Desa Siantar Utara, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba.

Pipa pembuangan tersembunyi tersebut berada di bawah permukaan air sungai, salah satu buktinya seperti diunggah media Tribune di Youtube. “Sangat mengerikan”, kata Rosedame Panjaitan SE kepada beritatoba.com, Selasa (2/2/2021), selaku pemerhati lingkungan hidup usai menonton video pembuangan limbah ke sungai Asahan tersebut.

Dikatakannya bahwa pihaknya akan mencermati lebih dalam video tersebut untuk dijadikan bahan pelaporan ke pihak berwajib. Kemudian dirinya akan melakukan konfirmasi kepada pihak media Tribune terkait video investigasi tersebut.

Terkait Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten (DLHK) Toba yang dinilai ‘mandul’ jika berhadapan dengan PT TPL, Rosdame Panjaitan mensinyalir telah terjadi kolaborasi antara DLHK Toba dengan pihak PT TPL. “Disinyalir kuat DLHK Toba berkolaborasi dengan PT TPL dalam upaya menutupi pembuangan LB3 ke sungai Asahan”, katanya.

Untuk itu pihaknya akan menguji sejauhmana keseriusan pihak DLHK Toba untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup sebagaimana tertuang dalam Pasal 74, Pasal 94 dan Pasal 88 UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. “Dalam waktu dekat kita akan meminta pihak DLHK Toba untuk secara bersama, termasuk penyidik kepolisian, melakukan penyisiran sepanjang sungai Asahan di Desa Siantar Utara dan Desa Pangombusan terkait pipa-pipa tersembunyi itu”, tegasnya.

Seperti diketahui pada berita sebelumnya pihak TPL bungkam ketika dikonfirmasi beritatoba.com terkait video yang diunggah media Tribune soal investigasi pembuangan LB3 ke sungai Asahan. Saat itu, keesokan harinya pihak DLHK Toba secara diam-diam meninjau lokasi dan mengekspos sepihak hasil peninjauannya tersebut.       

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *