Beritatoba.com – Toba – PT Toba Pulp Lestari (TPL) bersama Kelompok Tani Hutan (KTH)  sekawsan Danau Toba melakukan program tumpang sari (intercrop) yang dilaksanakan perusahaan diareal konsesi hutan berizin yang diusahai perseroan.

Tanaman Multy Puspose Tree Species (MPTS) seperti Alpukat, jagung, aren, kopi, dikembangkan perusahaan bersama masyarakat untuk menjadi salah satu penambahan penghasilan bagi masyarakat. Sebanyak 20 KTH telah melakukan kerjasama dengan perseroan untuk secara bersama membangun hutan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Konsep menyisip tanaman Jagung diantara tanaman Eucalyptus, perseroan mendukung penuh masyarakat mulai dari bibit, pupuk, biaya perawatan hingga pemanenan. Wadirut TPL Jandres Silalahi menyampaikan di Kabupaten Simalungun ada sebanyak 2 KTH menjalin kerjasama bersama perseroan antara lain KTH Dos Roha Nagahulambu di Nagori Pondok Buluh, KTH Op. Gordangaon Sinaga di Nagori Tangga Batu .

Di Kabupaten Tapanuli Utara ada Gapoktan Sabungan nihuta IV di Desa Sabungan Nihuta IV, KTH Berjuang  Lumban Toruan di Desa Tapian Nauli III, KTH Dos Roha Nagasaribu Onan Harbangan di Desa Pohan Jae, KTH Karya Tani di Desa Manalu Dolok merupakan 3 KTH yang berkerjasama dengan perseroan.

KTH Gabe di Desa Aek Lung, KTH Bersama di Desa Sionom Hudon, KTH Marsada Pargamanan Bintang Maria Simataniari di Desa Simataniari merupakan 3 KTH di Kabupaten Humbang Hasundutan. Di Kabupaten Toba TPL bekerja bersama dengan KTH Tungkonisolu di Dusun Tungkonisolu Desa Parsoburan Barat, Kecamatan Habinsaran.(T1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *