Beritatoba.com – Kehadiran Rainforest Action Network (RAN) ke Desa Janji Maria, Kecamatan Borbor, Kabupaten Toba, Sumut, beberapa waktu lalu, selain menuai kecaman, kini masyarakat Tapanuli mempertanyakan soal visa yang dipakai oleh para anggota RAN.

Seperti diketahui kehadiran RAN di Kabupaten Toba bersama Kelompok Studi dan Pengembangan Prakarsa Masyarakat (KSPPM) melakukan pertemuan dengan masyarakat Desa Janji Maria dalam upaya perjuangan tanah adat dan melihat secara langsung kondisi kehidupan masyarakat serta melihat tanaman kemenyan.

Tidak diketahui visa jenis apa yang digunakan oleh anggota RAN saat memasuki Indonesia. Visa adalah dokumen resmi yang dikeluarkan suatu negara sebagai tanda izin diperbolehkannya seseorang masuk ke wilayah negara tersebut.

Ada banyak jenis visa yang dikeluarkan untuk masyarakat, baik Warga Negara Indonesia (WNI) atau Warga Negara Asing (WNA). Setiap jenis visanya dipakai sesuai kebutuhan masing-masing, seperti untuk pekerjaan, bisnis, pariwisita, sampai pendidikan.

Berdasar informasi yang dikutip ada sebanyak 12 jenis visa yaitu visa Visa Kunjungan Wisata/Visa Turis, Visa Kunjungan Keluarga, Visa Transit, Visa on Arrival, Visa Kerja, Visa Kunjungan Bisnis, Visa Bisnis, Visa Diplomatik, Visa Khusus Pegawai Internasional, Visa Belajar, Visa Pertukaran Pelajar, Exit Visa.

Foto anggota RAN bersama masyarakat Desa Janji Maria yang berhasil dihimpun dari narasumkber.(Ist)

Jimmy Simanjuntak warga Kecamatan Siborong-borong, Kabupten Tapanuli Utara, yang sempat bergabung di KSPPM, mempertanyakan soal visa yang dipergunakan oleh anggota RAN. “Kita pertanyakan soal visanya. Mereka itu pakai visa wisata atau penelitian, atau seperti apa kehadirannya. Coba dicek di kantor imigrasi”, katanya.  

Bagian Humas Kantor Imigrasi Pematangsiantar saat dikonfirmasi beritatoba.com, Kamis (5/4/2023), soal jenis visa yang digunakan atas nama Merggie Martin warga negara AS, mengatakan akan melakukan pengecekan terkait nama tersebut. Sementara Direktur Eksekutif KSPPM Delima Silalahi belum berhasil untuk dikonfirmasi.(R1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *